Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebenaran Penurunan Al Qur'an - Qur'an Hadits Kelas 10 Bab 2 | Pelajar Jepara

Gambar oleh a href=httpspixabay.comidusersafshad-2652320utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1528446Afshad Subaira dari a href=httpspixabay.comidutm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1528446Pixabaya

Pelajarjepara.com - Hallo sahabat, setelah sebelumnya kita membahas mengenai bab 1 al Qur'an adalah Wahyu Allah. Kali ini kami akan kembali memberikan literasi  pada bab 2 yakni Kebenaran Penurunan al Qur'an. Namun, sebelum sahabat membaca materi kali ini alangkah baiknya jika sahabat sudah membaca materi bab 1 terlebih dahulu. 

Kompetensi Dasar

  1. Menghayati kebenaran penurunan Al-Qur'an oleh Allah Swt.
  2. Mengamalkan sikap kritis dalam mempelajari penurunan dan penulisan Al-Qur'an secara bertahap
  3. Menganalisis sejarah penurunan dan penulisan Al-Qur'an
  4. Menyajikan hasil analisis sejarah penurunan dan penulisan Al-Qur'an

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

RPP yang disusun oleh Tim Pelajar Jepara sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun Tahun 2019 Tentang Penyerdehanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Materi Pokok

Pengertian Turunnya Al Qur'an

Turunnya Al Qur'an memiliki arti  pemberitahuan kalam Allah yang diturunkan menurut kehendak-Nya sehingga diketahui oleh malaikat dan Nabi didalam hatinya yang suci.  Terdapat tiga pendapat mengenai perbedaan tentang bagaimana di turunkannya Al Qur'an, diantaranya :

  1. Menurut At Tabary Ibnu 'Abbas meriwayatkan bahwa Al Qur'an diturunkan kedunia pada saat malam lailatul qadr dari awal sampai akhir. kemudian dalam tempo waktu 20 tahun atau 23 tahun atau 25 tahun diturunkan secara berangsur angsur dan berdasarkan  mengenai perbedaan tentang berapa lama nabi bermukim di mekah dan sesudah diangkat  menjadi rasul.
  2. Al Qur'an diturunkan kebumi dalam waktu 20 kali malam lailatul qadr dalam jangka waktu 20 tahun atau 23 kali malam lailatul qadr dalam jangka waktu 23 tahun atau 25 kali malam lailatul qadr dalam jangka waktu 25 tahun. Diturunkan setiap malam tersebut kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur angsur.
  3. Awal mula diturunkannya Al Qur'an yakni pada malam lailatul qadr  yang kemudian diturunkan secara berangsur angsur dalam berbagai waktu.
Ada pendapat ulama lain yang memberikan penjelasan mengenai turunnya Al Qur'an sebanyak 3 kali dalam tiga tingkat yakni :
  1. Diturunkan di Lauhul Mahfudz
  2. Diturunkan ke Baitul Izzah dilangit bumi
  3. Diturunkan secara berangsur angsur di dunia
Meskipun pendapat diatas memiliki sanad yang sahih, Dr. Subkhi As Salih menolak pendapat tersebut dikarenakan turunnya al Qur'an merupakan termasuk bidang gaib dan berlawanan dengan zahir al Qur'an.

Al Qur'an pertama kali diturunkan di Gua Hira' ketika Nabi sedang berkhalwat atau beribadah. Surah yang pertama kali turun yakni Surah Al Alaq ayat 1 sampai 5. Al Qur'an diturunkan ke bumi dalam jangka waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari, dimulai dari tanggal 17 ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi sampai 9 Zulhijjah haji wada' tahun 63 dari kelahiran Nabi atau tahun 10 H.

Qur'an Surah Al Alaq ayat 1  sampai 5

#

ٱقۡرَأۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلَّذِي خَلَقَ  ١

خَلَقَ ٱلۡإِنسَٰنَ مِنۡ عَلَقٍ  ٢

ٱقۡرَأۡ وَرَبُّكَ ٱلۡأَكۡرَمُ  ٣

ٱلَّذِي عَلَّمَ بِٱلۡقَلَمِ  ٤

عَلَّمَ ٱلۡإِنسَٰنَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡ  ٥

Artinya
  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
  2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
  3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
  4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,
  5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Pengertian Penulisan Al Qur'an

Penulisan Al Qur'an memiliki arti sebagai proses menyalin Al Qur'an yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW hingga menjadi sebuah mushaf . Proses penulisan Al Qur'an sehingga menajdi sebuah mushaf terbagi menjadi 3 fase yaitu 

1. Fase Nabi

Pada Zaman Nabi Muhammad SAW, Sahabat lebih banyak melakukan hafalan ayat Al Qur'an setiap ada ayat yang turun, selain menghafal beberapa sahabat juga menuliskan ayat al Qur'an secara seadanya di pelepah kurma, potongan kulit, batu, dan tulang. 

2. Zaman Khulafaurrasyidin Abu Bakar Ash Shidiq

Pada zaman khalifah Abu Bakar Ash Shidiq banyak terjadi peperangan sehingga banyak para sahabat penghafal qur'an yang gugur, sehingga perlu adanya pengumpulan ayat ayat al Qur'an menjadi satu agar tidak hilang. Kemudian Abu Bakar Ash Shidiq memerintah Zaid bin Tsabit untuk menyallin ayat ayat al Qur'an yang telah dikumpulkan kedalam mushaf.

3. Zaman Khulafaurrasyidin Usman Bin Affan

Pada zaman Usman bin Affan terdapat banyak catatan ayat al Qur'an yang berbeda beda diantara para sahabat sehingga menimbulkan perbedaan pendapat dan bacaan. kemudian usman memutuskan untuk menuliskan al Qur'an menggunakan dialek Quraisy karena al Qur'an diturunkan menggunakan dialek tersebut. setelah selesai ditulis oleh Zaid bin Tsabit, Abdullah Ibn Az Zubair dan Said Ibn Al Ash akhirnya mushaf tersebut diperbanyak dan disebarkan seluruh penjuru dunia agar tidak terjadi perbedaan dialek dalam membaca al Qur'an

Media Pembelajaran

  • Mind Mapping, untuk mendapatkan file ini silahkan kirim alamat email anda di kolom komentar.

Penilaian

Lembar Kerja Siswa
  1. Kapan pertama kali wahyu diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. ?
  2. Jelaskan proses penurunkan Al Qur'an secara berangsur angsur !
  3. Jelaskan kenapa Sahabat Abu Bakar menolak usulan Sahabat Umar untuk mengumpulkan dan menuliskan catatan wahyu.?
  4. Apa yang dilakukan Khalifah Usman ketika selesai menuliskan al-Qur’an secara utuh di dalam satu mushaf?
Kunci Jawaban :
  1. Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. pertama kali pada tanggal 17 Ramadhan 41 H di Gua Hira.
  2. Al Qur'an di turunkan secara berangsur angsur dalam tempo waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari dimulai dari tanggal 17 Ramadhan 41 H
  3. Karena pada zaman Nabi, Abu Bakar tidak pernah diajarkan atau anjuran untuk menuliskan ayat Al Qur'an sehingga takut dosa, dalam istilah sekarang kita kenal dengan istilah bid'ah. namun pada akhirnya Abu Bakar menyetujui untuk mengumpulkan ayat ayat Al Qur'an.
  4. Memperbanyak mushaf Al Qur'an dan mengirimkannya keseluruh penjuru dunia agar dialek membaca al Qur'an tidak berbeda beda.

Lembar Penilaian Sikap
Lembar Penilaian Sikap

Lembar Penilaian Ketrampilan
Lembar Penilaian Ketrampilan


Daftar Pustaka

  1. Amin, Syaifullah.2020.Al Qur'an Hadits MA Kelas X.Jakarta : Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama RI 
  2. Faisal Rosidin, Mukarom,dkk.2014.Buku Siswa Al Qur'an Hadits MA Kelas X.Jakarta : Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama RI 

Posting Komentar untuk "Kebenaran Penurunan Al Qur'an - Qur'an Hadits Kelas 10 Bab 2 | Pelajar Jepara"